Advertisement

Tak Mau Kalah, Guru Muda Ini Raih Raih Juara 1 Lomba Nembang Macapat

Seakan tak mau kalah dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pakel, Guru muda ini pun menunjukkan aksinya. Tak main-main, aksinya kali ini menuai prestasi gemilang.  Gelar Juara 1 pun berhasil diraih  oleh Ibu Lefi Yuniantika, S.Pd. Guru Bahsa Jawa di SMA Negeri 1 Pakel ini memamerkan suara emasnya yang pada akhirnya ia pun pulang membawa gelar juara 1 dalam ajang lomba nembang macapat yang diadakan oleh Darma Wanita Persatuan Wilayah Tulungagung dalam rangka memperingati HUT DWP ke-22. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan lomba tahun ini dilaksanakan secara offline terbatas dan bertempat di SMA Negeri 1 Kedungwaru. Lomba ini tentunya diikuti oleh perwakilan ibu Dharma Wanita SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Tulungagung pada hari Sabtu, 27 November 2021. 



Dalam lomba nembang macapat tersebut, terdapat 2 jenis tembang yang diwajibkan ditampilkan oleh para peserta lomba. Pertama tembang wajib yaitu Tembang Dhandhanggula Laras Slendro Pathet Sanga, sedangkan yang kedua tembang pilihan. Tembang Pangkur Laras Pelog Pathet Nem menjadi tembang yang dipilih oleh Ibu Lefi Yuniantika kali ini. Salah satu yang menjadi kriteria wajib dalam lomba nembang tersebut yakni harus ada yang mengiringi atau disebut dengan “thinthingan”, dengan menggunakan alat musik gamelan yang dinamakan gender.



Unsur-unsur penilaian dalam nembang seperti pada umumnya yakni meliputi suara, teknik dan penampian. Unsur suara meliputi ; warna suara, titi laras, gregel. Sedangkan unsur teknik meliputi ; berpedoman pada kaidah/prinsip lagu winengku sastra, kebenaran guru lagu, gatra, wanda, nafas, serta artikulasi dalam nembang. Terakhir, unsur penampilan meliputi ; ekspresi, busana, sikep.

Bagi Ibu Lefi mengikuti lomba merupakan salah satu motivasi diri untuk bisa menyalurkan bakat.Berbekal tekad dan keyakinan, Figur Ibu Lefi murah senyum. Beliaunya mengikuti lomba dengan senang hati. Karena hobby beliau memang bidang tarik suara. Sudah banyak bidang tarik suara/menyanyi yang pernah diikuti dari SD, SMP, SMA, bahkan Kuliah. Bahkan pernah mengikuti lomba nyanyi dangdut KDI (MNC TV) dan Perebutan Piala Bupati Blitar.

Sebagai pengampu  Bahasa Jawa, tidak sulit kiranya bagi ibu Lefi Yuniantika untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba ini, selain dikaruniai suara yang indah, tembang macapat tidaklah asing baginya karena merupakan salah satu materi pembelajaran di kelas. Namun begitu tidak lantas membuatnya bersantai saja, sebaliknya persiapan Ibu Levi luar biasa. Beliau sempat berlatih macapat dirumah Mbah Kardi-Gesikan. Di sana beliau dibimbing teknik dalam nembang macapat yang sesuai dengan titi laras yang ditentukan oleh panitia. 

Pada hari Kamis, 16 Desember 2021 Ibu Lefi didampingi Ibu Kepala Sekolah menerima piala kemenangan juara 1, sertifikiat dan hadiah di SMK Negeri 1 Pagerwojo. Kemenangan ini, tidak lepas dari usaha, do’a serta dukungan dari DWP SMANegeri 1 Pakel dan seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Pakel. Terimakasih untuk dukungan dari SMA Negeri 1 Pakel tercinta, DWP Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Tulungagung. Semoga prestasi yang diraih, mampu memberikan semangat Bu Lefi untuk bisa belajar yang lebih baik lagi dan mampu menginspirasi teman-teman guru yang lain, serta siswa-siswinya untuk berprestasi, sehingga bisa mengharumkan SMA Negeri 1 Pakel.











Ditulis Oleh : Eni Sutarti , M.Pd





Posting Komentar

0 Komentar