Advertisement

Panduan Menyusun Laporan Studi Kampus dan Karya Wisata SMAN 1 Pakel Tahun 2022

Tujuan penyelenggaraan pendidikan SMA adalah untuk menyiapkan peserta didik untuk siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dalam hal ini adalah perguruan tinggi. Sekolah sebagai institusi pendidikan sudah seharusnya memfasilitasi peserta didik untuk mengenal dan memahami perguruan tinggi sedini mungkin sehingga lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi.




Sedangkan di sisi lain, proses belajar mengajar yang dicanangkan oleh pemerintah dan tertuang dalam kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari nara sumber dalam hal ini guru sebagai pengajar kepada peserta didik sebagai subjek yang diajar, secara kontinyu atau berkala melalui metode lisan maupun tulisan dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Namun, proses belajar juga meliputi proses pengamatan langsung kepada objek-objek yang berkaitan dengan bahan pengajaran yang dapat dilihat atau ditemui hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitar yang diformulasikan menjadi teori dan bidang-bidang ilmu.

Sejalan dengan tujuan pembelajaran sendiri selain memberi pemahaman dan keterampilan juga menanamkan pengalaman-pengalaman yang berarti dan dapat dijadikan dasar pemikiran serta perilaku baik dimasa sekarang maupun yang akan datang bagi peserta didik. Untuk mencapai pengalaman belajar yang mengesankan, tentunya peserta didik juga diajak untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan objek-objek yang menjadi salah satu bagian bahan ajar yang mereka pelajari di sekolah, tidak melulu hanya melihat buku pelajaran. Dalam hal ini, sesekali peserta didik diajak bepergian untuk meneliti dan mengamati sesuatu sesuai dengan pelajaran yang dipelajari sambil berwisata.

Dalam rangka itulah, maka untuk mengisi kegiatan tengah semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 SMA Negeri 1 Pakel bermaksud untuk mengadakan kegiatan kunjungan ke Kampus Politeknik ATK Yogyakarta dan Karya Wisata ke Yogyakarta dan Semarang bagi siswa kelas XI tahun pelajaran 2021/2022.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana pengenalan kampus dan mengenal seluk beluk perguruan tinggi sehingga peserta didik lebih siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan sebagai bentuk pengalaman belajar yang berbeda, maka peserta didik yang telah dibagi dalam kelompok observasi nantinya diwajibkan menyampaikan laporan Kegiatan Studi Kampus dan Karya Wisata ini dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah.

Untuk mencapai sasaran dari tujuan kegiatan tersebut yakni melatihkan siswa untuk dapat menyusun laporan Studi Kampus dan Karya Wisata maka Panitia Studi Kampus dan Karya Wisata SMAN 1 Pakel memberikan Panduan penyusunan laporan sebagai berikut :


STRUKTUR LAPORAN

 

I.  BAGIAN  AWAL  LAPORAN

 

            1. Cover

            2. Halaman Judul

            3. Halaman Persetujuan/ Pengesahan

            4. Kata  Pengantar

            5. Daftar Isi

            6. Daftar Gambar ( jika ada )

            7. Daftar Lampiran ( jika ada )

 

II. BAGIAN INTI  LAPORAN

 

            1. BAB  I  PENDAHULUAN

                        A.  latar Belakang

                        B.  Rumusan Masalah

                        C.  Tujuan

                                    C.1  Studi Kampus

                                    C.2  Wisata

                        D.  Pelaksanaan

                                    D.1  Studi Kampus

                                    D.2  wisata

 

            2. BAB  II HASIL STUDI KAMPUS DAN WISATA

                        A. Studi Kampus

                        B. Wisata

 

            3. BAB III  PENUTUP

                        A. Kesimpulan

                        B. Saran

 

III. BAGIAN AKHIR  LAPORAN

             1. Daftar Pustaka

             2. Lampiran

 

 

CATATAN :       

  • Ukuran kertas A4
  • Type huruf Time News roman 12
  • Spasi 2
  • Margin Kiri 4 cm; kanan- atas- bawah 3 cm

Berikut ini kami sertakan video pemaparan singkat tentang struktur laporan dan cara menyusunnya, semoga bermanfaat. 

  

Posting Komentar

0 Komentar